5 pusat aktivitas anak di TK Khalifah


Pada TK Khalifah terdapat lima prinsip wirausaha (entrepreneur) yang diajarkan, yakni (1) berdoa, (2) keuletan, (3) berani mengambil resiko, (4) memiliki mental mandiri dan percaya diri, serta (5) berjiwa pemimpin. Kelima prinsip ini juga berhubungan dengan nilai Islam yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW, yang juga seorang pengusaha. Jika kelima prinsip ini ditanamkan pada anak sejak dini, ini akan membentuk karakter anak yang lebih baik di masa depan.
Untuk itu pada setiap TK khalifah terdapat 5 pusat aktivitas anak, yakni:  Tauhid CenterLife Skill CenterScience CenterExercise Center, dan Art Center.
Masing-masing memiliki fungsi untuk menstimulasi lima prinsip wirausaha (entrepreneur) tersebut. Misal;
Tauhid Center merupakan ruangan dimana anak diajarkan dan mempraktekkan ibadah terutama ibadah Shalat Dhuha, Asma’ul Husna, Berdoa, Cerita Nabi dan sebagainya. Anak dilatih untuk menjalankan shalat Dhuha yang merupakan shalat rezeki ini setiap hari.
Life Skill Center merupakan ruang dimana anak dilatih mandiri untuk melakukan sesuatu. Misal; di ruangan ini anak dilatih ganti pakaian sendiri atau makan sendiri, yang sifatnya membuat anak lebih mandiri.
Dalam Kegiatan sehari-hari anak dikelompokan pada masing-masing sentra belajar yang terdiri dari tingkatan perkembangan atau usia anak. Sentra-sentra yang dilaksanakan di TK Khalifah adalah sebagai berikut :
1. TAUHID CENTRE
Sentra ini menekannkan pada pengenalan dan pembelajaran agama sedini munkin untuk mengenai Tuhannya dan nilai-nilai Agama, terutama kalimat tauhid yang mengesakan Allah dan memahami Amaul Husna. Kegiatan wudhu, sholat berjamaah, mengaji, pengenalan surat pendek dan doa sehari-hari menjadi kegiatan rutin






2. LIFE SKILL CENTRE

Sentra ini dirancang untuk memberikan stimulus kepada anak dalam peningkatan dan melepas bajunya sendiri, memakai dan melepas sepatu, makan dengan sikap yang baik, mengurus keperluan sendiri dan sebagainya. Membekali anak untuk keterampilan dalam hidup bersosial masyarakat seperti tolong menolong, bekerjasama dan lain-lain. Memberikan pengalaman kepada siswa menjadi bermacam-macam peran dimasyarakat seperti pedagang/pengusaha, dokter, guru, ayah/ibu, anak, mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rumah dan sebagainya dalam bermain peran, sehingga tumbuh sikap saling menghargai terhadap orang lain.



3. ART CENTRE
Bertujuan mengembangkan kemampuan seni rupa, seni bentuk, seni suara, seni musik, seni gerak dan kreativitas anak. Di sentra ini anak melakukan kegiatan bermain yang dapat melatih krativitasnya dalam :

  • Seni rupa dan seni bentuk : menggambar, mewarnai, ekspresi warna, melukis, membentuk, kolase, mozaik
  • Pengamalan motorik halus : menggunting, meronce, menganyam, mencocok, menjahit dan merobek untuk persiapan menulis
  • Seni suara dan seni musik : menyanyi, mengucapkan syair, bertepuk pola, membuat dan memainkan alat musik perkusi
  • Seni gerak ; ritmik, senam, menari dan pantomim